Senin, 14 Januari 2013

Bank Dunia (World Bank)














Bank Dunia didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah-masalah internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter dan keuangan lainnya. Kegiatan utamanya pada waktu itu lebih difokuskan untuk membantu proses rekontruksi bagi negara-negara yang menderita karena Perang Dunia II. Bantuan bank dunia selanjutnya dialihkan kepada pemberian bantuan pinjaman dalam rangka membantu negara-negara berkembang yang menjadi anggota bank dunia. Pinjaman yang dibiayai oleh bank dunia hanya ditunjukan untuk proyek-proyek yang produktif.
Bantuan yang diberikan oleh bank dunia dari tahun ke tahun semakin beragam. Hal ini sesuai pula dengan perkembangan negara-negara di dunia. Dewasa ini jenis bantuan yang dapat dibiayai oleh bank dunia, mulai dari perkembangan jalan, pembangkit tenaga listrik, pembangunan pelabuhan, telekomunikasi, pengembangan dunia pendidikan dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan tujuan bank dunia.
Sumber-sumber dana bank dunia diperoleh dari bank dunia sendiri, pemerintah-pemerintah asing dan modal swasta. Kemudian dana tersebut dikembalikan kepada negara-negara anggota yang membutuhkannya dengan resiko dibebankan kepada negara yang bersangkutan.
Asal mula bank dunia adalah dari Internasional Bank For Reconstruction and Development (IBRD). IBRD didirikan dalam rangka memecahkan masalah moneter dan masalah keuangan lainnya Pendiri bank dunia tahun 1945 ini bersamaan dengan didirikannya Internasional Monetery Fund (IMF). Tujuan berdirinya kedua lembaga ini sama yaitu dalam rangka penyediaan perangkat moneter dan keuangan untuk menuju ke arah kemakmuran dunia, Bank dunia mulai melakukan kegiatannya sejak tahun 1946.
Bank dunia saat ini memiliki 2 keanggotaan yang meliputi keanggotaan :
  1. International Finance Corporation (IFC). Kegiatan lembaga ini dalam rangka memberikan bantuan kepada sektor-sektor swastaa di negara-negara berkembang.
  1. International Development Associanion (IDA). Kegiatannya sama dengan IFC, hanya bantuan lebih ditujukan kepada negara-negara miskin dan dengan persyaratan pinjaman yamg lebih mudah. IDA juga turut mensponsori kegiatan ICSID (international for the settelement invesment development). 
Kemudian persyaratan untuk menjadi anggota bank dunia, terlebih dulu harus menjadi anggota IMF dan persyaratan lainnya.

4 komentar:

  1. Sejarah kenapa harus ada bank ?

    BalasHapus
  2. Lembaga Bank Dunia (World-Bank) sebagai lembaga keuangan dunia yang umum-nya kita fahami, memiliki 2 (dua) lembaga, yakni :

    1. Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan : (International Bank for Reconstruction and Development) disingkat IBRD.; pemberi pinjaman kepada negara berdaulat, dan

    2. Asosiasi Pembangunan Internasional (International Development Association) disingkat IDA.; Pemberi (bantuan) dan hibah bebas bunga dengan penjamin (negara) berdaulat.;

    Ke-dua lembaga keuangan IBRD & IDA (Worlf-Bank) tersebut bernaung di bawah organisasi (bank) dunia yang bernama Grup Bank Dunia ; World-Bank Group, dengan 3 (tiga) lembaga dunia lainnya, yakni :

    3. International Finance Corporation/IFC.; pemberi pinjaman tanpa penjamin berdaulat, biasanya untuk korporasi/perusahaan swasta).;

    4. Multilateral Invesment Guarantee Agency/MIGA (Badan Penjamin Investasi Multilateral).; Memberikan asuransi dengan beberapa resiko, yang kebanyakan untuk korporasi swasta.;

    5 International Centre for Settlement of Invesment Disputes/ICSID (Pusat Penyelesaian Sengketa Investasi Internasional) kerja-sama antar negara untuk mengurangi dan menyelesaikan resiko investasi.;

    Ada-pun organisasi yang pernah diduduki oleh Sri Mulyani dalam jabatannya sebagai Direktur Pelaksana adalah World-Bank Group, bukan World-Bank.;
    ........

    World-Bank sendiri yang terdiri dari IBRD & IDA, hingga sekarang tidak lepas dari berbagai kritik-nya, baik dari mereka para "anti-globalis" maupun dari kalangan "liberal" dengan berbagai alasannya masing-masing...!
    ........

    Setelah kita mengetahui sedikit tentang gambaran-luar lembaga-lembaga di bawah naungan World-Bank Grup, terutama lembaga World-Bank (IBRD & IDA). Tidak terkecuali lembaga atau organisasi-organisasi dunia/internasional lainnya yang ada (PBB, IMF, WHO, ILO, UNHCR, UNICEF, dll ....!

    Termasuk bagaimana "isi" (daleman) dari organisasi-organisasi tersebut hari ini, yang selama +/-.75.tahun pendiriannya dipandang sebagai "pembentuk" tatanan (pemerintahan) dunia muta-akhir hingga sekarang ini.
    ........

    BalasHapus